Efek Samping Penggunaan "gadget"



  Sebelum kita membahas tentang  Efek Samping Penggunaan "gadget", alangkah baiknya kita selidiki terlebih dahulu apa sih itu gadget ?? GADGET adalah sebuah alat atau objek ( atau barang elektronik dan teknologi kecil) yang memilki fungsi yang sangat khusus, tetapi sering diartikam sebagai sebuah inovasi atau barang baru. Gadget selalu diartikan sebagai pengemabangan berbagai elektronik, singkatnya gadget adalah barang/benda yang dibuat untuk menggabungkan berbagai elektronik yang ada, tujuannya adalah untuk mempermudah pekerjaan manusia. Gadget kadang juga disebut dengan gizmos.
 Lumayan ilmu pengetahuan kita bertambah. !!  hehehe   

Tapi penggunaan gadget secara berlebihan dapat berakibat patal terhadap tubuh/kersehtan kita. Apalagi terhadap kesehatan pada anak-anak,  Pasalnya menurut psikologis clinical, Linda Blair, hal tersebut dapat menyebabkan anak kelelahan dan tak fokus terhadap apa yang sedang ia kerjakan.

 Berikut Adalah Beberapa Penyakit Akibat Berlebihan Menggunakan gadget.
  1. Insomnia
     Insomnia adalah gejala kelainan dalam tidur berupa kesulitan untuk tidur. Gejala tersebut biasanya diikuti gangguan fungsional saat bangun. Ini sering terjadi apabila anda sedang tidur anda teringat dengan pesan yang masuk kedalam gadget anda' dan ini secara tidak langsung mengganggu siklus/istirahat tidur anda, cahaya terang yang terpancar dari gadget atau smartphone yang anda aktifkan dapat menekan pelepasan hormon yang berpungsi saat peoses tidur anda. Dan tanpa disadari, cahaya yang terpancar tersebut akan menjaga pikiran anda untuk memasuki 'default mode network', yakni kondisi setengah sadar.
  2. Nomophobia
     
    Nomophobia Adalah suatu sindrom ketakutan jika tidak mempunyai telepon genggam (atau akses ke telepon genggam), keadaan ini mengakibatkan anda akan merasakan cemas/gelisah dan ketakutan apabila terpisah dari smatrphone/gadget anda. Sebuah penelitian mengungkapkap bahwa sekitar 66% orang yang kecanduan gadget atau smartphone, mengalami phobia (Nomophobia) yang satu ini. Tanda dan gejala yang nampak pada si penderita seperti perasaan cemas, selalu berkeringat, tubuh gemetar dan was-was ketika dipisahkan dari gadget-nya.
  3. Hyperthermia
      Hipertermia adalah peningkatan suhu inti tubuh manusia yang biasanya terjadi karena infeksi. Hipertermia juga dapat didefinisikan sebagai suhu tubuh yang terlalu panas atau tinggi. Hal ini sering terjadi apabila anda sering menggunakan laptop diatas paha, hal ini dapat meningkatkan suhu disekitarnya menjadi naik sekitar 6kali lebih tinggi, wapada bagi kaum lelaki untuk hal yang satu ini karena akan membuat organ vitalnya menjadi hangat dan membuat produksi spermanya menjadi menurun.
Itulah kenapa kita jangan terlalu fokus atau keasikan main gadget hingga kita tidak tau waktu dan melupakan segalanaya, bagi anda yang sering menggunakan gadget anda di senbarang waktu sebaiknya mulai dari sekarang anda menjadwal waktu untuk menggunakan gadget anda, dan sebelum tidur sebaiknya anda pula mematikan gadget anda agar tidak menganggu aktifitas tidur anda. 

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Efek Samping Penggunaan "gadget""

Post a Comment